Resonansi Alam

Media Berbagi Informasi, Berbagai Referensi Semoga Menginspirasi

JOIN SUKSES HNI HPAI

JOIN SUKSES HNI HPAI
MEMPERKENALKAN HNI - Halal Network International HNI merupakan perusahaan Halal Network di Indonesia yang mengeluarkan produk-produk herbal halal dan berkualitas yang terjaga alamiah, ilmiah dan ilahiahnya. HNI adalah era baru kejayaan bisnis Network Marketing Muslim. HNI memanfaatkan teknologi terkini untuk menciptakan layanan yang cepat, akurat dan memuaskan. HNI sudah memiliki layanan online dan offline yang cukup powerfull.

Breaking

03 September 2017

Cara Menulis Artikel dengan Mudah


Cara Menulis Artikel dengan Mudah
Cara Menulis Artikel dengan Mudah
Menulis artikel sebetulnya mudah jika terus diasah tapi jika masih bingung bagaimana cara menulisartikel dengan mudah mau mulai darimana?, kadang kita terlalu banyak berpikir dan tidak mulai meulis. Pada dasarnya Ide menulis artikel bisa menggunakan aspek 5W1H, apa itu 5W1H ? yaitu singkatan dari What, Who, Why, Where, When,How.

Inilah dasar yang merupakan kumpulan ide untuk menggarap bagian-bagian dari apa yang akan kita tulis, kemudian nantinya kita rangkum menjadi sebuah artikel. Menulis artikel seperti menyusun puzzle yang nantinya akan membentuk sebuah gambar.

Rumus 5W1H

What (Apa)
tuliskan deskripsi apa dari obyek yang akan menjadi topik utama dalam artikel. Masukkan ke dalam paragraf jika ada kategori, jenis, macam, tipe.
Who (Siapa)
menjelaskan tentang siapa saja? Atau dapat dikatakan tokoh utama, atau subjek materi utama Contohnya apakah untuk pria, wanita, golongan tertentu, usia tertentu, tua, muda.
Why (Kenapa) –
Menjelaskan tentang alasan, kenapa, penyebab atau apa manfaat yang bisa diperoleh.
Where (Dimana) –
Menjelaskan lokasi, area atau tempat. Misalnya, biasanya produk tersebut digunakan dimana? Kejadian sesuatu lokasinya dimana ?Atau jika penyakit, muncul di bagian mana?
When (Kapan)
berhubungan dengan waktu. Contohnya kapan produk atau kejadian tersebut biasa digunakan atau bias digunakan atau terjadi? Apakah siang, malam, atau digunakan pada acara tertentu misalnya saat pesta, saat pengajian, hari raya, acara peresmian dll.
How (Bagaimana)
bisa merupakan kronoligis suatu kejadian atau berupa solusi. Jika artikel tentang masalah, maka bagian How merupakan bagian yang memberi solusi. Contohnya, bagaimana cara memperbaiki sebuah HP error? Maka pada bagian How kita jelaskan beberapa cara untuk mengatasinya.

Bagaimana pun juga ke enam rumus 5W1H di atas tidak baku karena hanya merupakan panduan dasar untuk menulis bagian-bagian isi dari sebuah artikel atau berita. Susunan juga bisa berubah, tetapi biasanya dimulai dengan What dan diakhiri dengan How. Tentunya anda bisa lebih mengembangkan sesuai kebutuhan dan menambahkan gaya bahasa yang lebih enak dibaca.


Demikian, semoga artikel Cara Menulis Artikel dengan Mudah dapat bermanfaat. Terimakasih